Search This Blog

Loading...

02 February 2013

Jurusan Teknik Informatika


Lingkup studi di jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara bercakupan luas dengan penekanan pada bidang pemrograman dan komputasi, dan rancang bangun perangkat lunak, berorientasi pada teknologi Object Oriented, Multimedia, Web, Database dan Jaringan Komputer.  Diharapkan setelah menyelesaikan studinya mahasiswa mempunyai kemampuan membangun sistem berbasis komputer untuk peningkatan efisiensi kerja dan mendukung keunggulan strategis organisasi dalam berkompetisi.

Adapun bidang dan profesi yang dapat ditekuni oleh para lulusan antara lain: 

  • System Development (Project Manager, System Analyst, System Administrator, System Programmer,  Applications Progammer)
  • Database Specialist (Database Designer, Database Programmer, Database Administrator)
  • Network Specialist (Network Designer, Network Administrator)
  • Web Specialist (Web Designer, Web Programmer, Web Administrator)
  • Scientist (Lecturer / Trainer, Researcher)
  • IT Consultant
  • Management (Chief Information Officer)
 untuk melengkapi kompetensi tersebut di atas, pada kurikulum tahun 2002 dimulai semester 5 mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih satu bidang peminatan yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan ketrampilan serta mengkhususkan dirinya di bidang yang dipilih. Bidang peminatan yang ditawarkan terdiri dari: Software Engineering; Intelligent Systems; Database Technology; Networking; dan Applied Networking (CISCO).

1.  Peminatan Software Engineering
Pada peminatan ini mahasiswa akan mendalami berbagai metodologi dan alat bantu pengembangan piranti lunak. Mata kuliah – Mata Kuliah pada peminatan ini adalah Object Oriented Software Engineering, Software Project Management, dan Advanced Topic in Software Engineering. Setelah menyelesaikan peminatan ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan dalam merekayasa perangkat lunak bersakala besar dengan metodologi yang baik dan lengkap.
Karena merupakan kompetensi utama jurusan Teknik Informatika, peminatan ini bersifat utama artinya mahasiswa akan dimasukkan dalam peminatan ini bila ia tidak memilih atau tidak memenuhi prasyarat bidang peminatan yang lain. 

2.  Peminatan Intelligent Systems
Pada peminatan ini mahasiswa akan mendalami berbagai teknik kecerdasan komputer yang dapat diterapkan untuk memecahkan suatu permasalahan. Mata kuliah – Mata Kuliah pada peminatan ini adalah Sistem Pakar, Neuro Computing, dan Computer Vision.  Setelah menyelesaikan peminatan ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan dalam menerapkan  teknik kecerdasan untuk berbagi aplikasi.
Prasyarat Peminatan:
Nilai akhir mata kuliah Intelegensia Semu minimal B.

3.  Peminatan Database Technology
Pada peminatan ini mahasiswa akan mendalami berbagai teknologi dan aplikasi basis data.  Mata kuliah – Mata Kuliah pada peminatan ini adalah Perancangan Database, Web Database, dan Datawarehouse.  Setelah menyelesaikan peminatan ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan dalam merancang, mengimplementasi dan mengelola suatu database secara baik dan benar yang diperlukan oleh suatu organisasi.
Prasyarat Peminatan:
Nilai akhir mata kuliah Sistem Basis Data minimal B.

4.  Peminatan Networking
Pada peminatan ini mahasiswa akan mendalami bidang jaringan komputer meliputi instalasi, administrasi dan manajemen suatu jaringan komputer.  Mata kuliah – Mata Kuliah pada peminatan ini adalah Network Programming, Network Security, dan Network Management.  Setelah menyelesaikan peminatan ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan dalam merancang, mengimplementasi dan mengelola suatu jaringan komputer secara baik dan benar yang diperlukan oleh suatu organisasi.
Prasyarat Peminatan:
Nilai akhir mata kuliah Jaringan Komputer minimal B.

5.  Peminatan Applied Networking (CISCO)
Pada peminatan ini mahasiswa akan mendalami teknologi jaringan komputer yang berbasis peralatan jaringan komputer ‘CISCO’ (CISCO equipment). Mata kuliah – Mata Kuliah pada peminatan ini adalah Applied Networking1, Applied Networking 2, dan Applied Networking 3.  Dengan menyelesaikan peminatan ini, mahasiswa akan memiliki pengetahuan dan ketrampilan mengelola jaringan komputer yang berbasis peralatan CISCO.
Prasyarat Peminatan:
Lulus Seleksi Peminatan Applied Networking, atau telah menyelesaikan dan lulus  CCNA Course yang dilaksanakan oleh Binus Center.


3 comments:

Please double post in this blog is up to you

SILAHKAN COPY PASTE SEPUAS MU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...