Search This Blog

Loading...

02 February 2013

Penyandian Caesar (Caesar Cipher)+Delphi 7



Kriptografi merupakan seni dan ilmu menyembunyikan informasi dari penerima yang tidak berhak. Kata cryptography berasal dari kata Yunani kryptos (tersembunyi) dan graphein (menulis).Cryptology adalah ilmu yang mencakup cryptography dan cryptanalysis. Proses utama dalam kriptografi yaitu:
  • Enkripsi adalah proses dimana informasi/data yang hendak dikirim diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu.
  • Dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk tersamar tersebut menjadi informasi awal
Sejarah sistem sandi Caesar
Sekitar 50 SM, Julius Caesar, kaisar Roma, menggunakan cipher substitusi untuk mengirim pesan ke Marcus Tullius Cicero. Pada cipher ini, huruf-huruf apfabet disubstitusi dengan huruf-huruf yang lain pada alfabet yang sama. Karena hanya satu alfabet yang digunakan, cipher ini merupakan substitusi monoalfabetik. Cipher semacam ini mencakup penggeseran alfabet dengan 3 huruf dan mensubstitusikan huruf tersebut. Substitusi ini kadang dikenal dengan C3 (untuk Caesar menggeser 3 tempat). Secar umum sistem cipher Caesar dapat ditulis sbb.:
Misalkan A = 1, B = 1, …, Z = 26, maka secara matematis caesar cipher dirumuskan sebagai berikut:

Enkripsi: C = E(P) = (P + 3) mod 26
Dekripsi: P = D(C) = (C – 3) mod 26

Contoh:
P : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
C : D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C

Plainteks:         AWASI ASTERIX DAN TEMANNYA OBELIX
Cipherteks:      DZDVL DVWHULA GDQ WHPDQQBA REHOLA

Jika pergeseran huruf sejauh k, maka:
Enkripsi: C = E(P) = (P + k) mod 26
Dekripsi: P = D(C) = (C – k) mod 26
k = kunci rahasia

Tadi adalah asal mulanya sistem sandi klasik Caesar maka sekarang saya akan membuat dalam bentuk aplikasi dengan menggunakan Delphi 7 agar tidak secara paper and pencil lagi.

Kita coba dengan menggunakan kunci +28 maka ini akan sama dengan kunci +2, karena menggunakan modulus 26. Kenapa menggunakan modulus 26 karena jumlah huruf sebanyak 25, jika belum tau modulus yaitu sisa hasil bagi bisa lihat sumber-sumber lain atau bias cari di google.
Jika di samping telah dicoba program dengan menggunakan kunci +3 dan hasilnya sama dengan contoh di atas, maka kita akan coba kembali dengan kunci yang lain,..mau kunci berapa?????
Kripanalisis Sistem sandi Caesar
Kripanalisis adalah aksi untuk memecahkan atau membuka ciphertext menjadi plaintext dengan berbagai cara dengan tidak mengetahui kuncinya. Karena sistem Caesar ini hanya menggunakan kunci sampai dengan 26 maka biasanya menggunakan Running key yaitudengan mencoba semua kunci dari 1 sampai 26.



3 comments:

Please double post in this blog is up to you

SILAHKAN COPY PASTE SEPUAS MU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...