14 July 2012

contoh Makalah Konsep Dasar Sistem Komputer

Makalah Konsep Dasar Telkomnika KomputerBAB IPENDAHULUAN
A. Konsep Dasar KomputerSalah Satu kemajuan Yang memucat PESAT PADA diperoleh manusia Dekade inisial adalah kemajuan Teknologi Komputer. Komputer telah mengisi hampir Segala Aspek bahasa Dari kehidupan kitd. Dimana-mana disekeliling kitd, kitd Selalu melihat Komputer. Di Rumah, di vehicles di Pabrik dimana Saja ADA Komputer. Tidak Peduli apapun Pendidikan, Dan Profesi Yang ditekuni seseorang pengetahuan tentang Komputer menjadi mutlak.Komputer dapat dikatakan sebagai sebuah SISTEM, Yang dapat kitd BAGI menjadi doa buah subsistem - hardware Dan software. BerikutSuami kitd Akan membicarakan beberapa Prinsip EQUITY tentang Komputer. Pembahasan dimulai Artikel Baru Akan hardware kemudian dilanjutkan Artikel Baru sotfware.Yang dikatakan hardware Komputer adalah pisik bahasa Dari Mesin atau Komputer ITU Sendiri. Tentu ANDA bertanya apakh memang kitd Perlu mengerti tentang hardware Komputer, sebagai orangutan Yang Bukan SPESIALIS Komputer, kitd hanya sebagai pemakai Bahasa Dari Komputer. Hal inisial sama Artikel Baru Saja seorang pengendara mobil, Sebai Sopir Apakah kamu Perlu Tahu Artikel Baru Mesin, cara Koperasi Karyawan Bhakti Samudera Mesin. Memang ANDA dapat menjadi pengandara mobil Tanpa Tahu Cara Koperasi Karyawan Bhakti Samudera Mesin. Tetapi Artikel Baru Cara mengetahui Koperasi Karyawan Bhakti Samudera Mesin kitd dapat berbicara Artikel Baru Mekanik, ANDA dapat membenarkan Sendiri Acute ADA kesalahan atau kerusakan Kecil. Demikian JUGA Artikel Baru Artikel Baru Komputer adanya pengetahuan tentang hardware Komputer ANDA dapat berkomunikasi Artikel Baru Komputer spesialis.Lebih Lagi Artikel Baru banyaknya aneka ragam Komputer Yang distributes dipasar Dan beraneka software pakages, pengetahuan tetang Komputer oleh sipemakai Terasa semakin lebih penting. Hampir setiap Hari Muncul PERALATAN Baru, pemakai harus memahami bahwa ADA berbagai alternatif Yang hormone hormon Dan kapasitasnya mungkin berbeda. MULAI Bahasa Dari Pembuatan keputusan untuk membeli Komputer Pribadi sampai PADA sebagai seorang anggota Utama RC pembelian Komputer Illustrasi organisasi. Bila ANDA melihat Komputer atau ANDA Sedang berbicara tetang Komputer, Artikel Baru adanya pengetahuan Komputer ANDA dapat berkomunikasi Artikel Baru Lancar Dan memberikan Pendapat ANDA tentang TOPIK Yang Sedang dibicarakan.



BAB IISKEMA SISTEM KOMPUTER DasarA. perangakat KerasAdalah komponen fisik Komputer Yang terdiri darirangkaian Elektronika Dan PERALATAN mekanis Before. PADA abtraksi tingkat Atas terdiri Bahasa Dari Empat komponen, yaitu:1. Pemroses (processor)Berfungsi mengendalikan Operasi Komputer & fungsi melakukan pemrosesan data.2. Memori Kedudukan- Berfungsi menyimpan data & Program- Biasanya volatile: tidak dapat mempertahankan data & Program Yang disimpan Bila SumberDaya Energi (Listrik) dihentikan.3. Perangkat masukan Dan keluaranBerfungsi memindahkan Data ANTARA Komputer & Customers eksternal yaitu: perangkatpenyimpan sekunder, perangkat KOMUNIKASI, terminal, dsb4. Interkoneksi antarkomponen (bus)Adalah Struktur & mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori Kedudukan, & perangkat masukan / keluaran.

A.1 proses imunisasi meliputi
      
Pemroses disebut CPU, berfungsi mengendalikan Operasi Komputer Dan melakukan pengolahan data.Pemroses melakukan Koperasi Karyawan Bhakti Samudera Artikel Baru langkah sbb:1. Mengambil Instruksi dikodekan secara biner Yang Bahasa Dari Memori Kedudukan2. Pria-dekode Instruksi menjadi proses imunisasi meliputi-proses imunisasi meliputi Sederhana3. Melaksanakan proses imunisasi meliputi-proses imunisasi meliputi nihilOperasi-Operasi PADA pemroses dikategorikan menjadi:1. Operasi aritmetika
      
Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsb2. Operasi Logika
      
OR, AND, X-OR, inversi dsb3. Operasi pengendalian
      
Operasi percabangan, Lompat dsb

Pemroses terdiri Bahasa Dari Tiga komponen, yaitu:1. CU (Control Unit)
      
Berfungsi mengendalikan Operasi Yang dilaksanakan SISTEM Komputer2. ALU (Logic Unit Aritmetic)
      
Berfungsi melakukan Operasi aritmatika Dan Logika3. Register
      
Merupakan Memori Yang Ulasan Sangat CEPAT Yang berfungsi sebagai klien untuk membuka posisi insn-insn bahasa Dari Operasi Yang Akan dilakukan oleh pemroses.
A.2 DaftarDaftar atau Yang disebut Artikel Baru Memori adalah suatu Rangkaian Logika Yang Mampu menyimpan data yang Illustrasi bentuk bilangan biner. Fungsi dar i mendaftar inisial selain sebagai penyimpanan data yang JUGA untuk menghindari berkedipnya Angka Yang ditunjukkan oleh display (seven segment) PADA SAAT menerima pulsa-pulsa Yang diberikan oleh decoder.
            
Sebuah mendaftar Geser dapat memindahkan bit-bit Yang tersimpan Ke Kiri Ke Kanan atau. Daftar Geser dikelompokkan sebagai Urutan Rangkaian Logika, oleh karena ITU mendaftar Geser disusun bahasa Dari rangkain Flip-Flop. Selain untuk pergeseran data, mendaftar Geser JUGA dapat digunakan untuk mengubah data yang seri Ke paralel atau bahasa Dari data paralel Ke seri.


Skema blok Pemroses

Daftar dapat dikategorikan menjadi 2:1. Daftar yg terlihat pemakai (pemrogram)Pemrogram dapat memeriksa isi bahasa Dari mendaftar-register tipe inisial. Beberapa Instruksi disediakan untuk mengisi (memodifikasi) mendaftar inisial tipe. Terdiri Bahasa Dari 2 hormone hormon:1.1 Register Data: menyimpan suatu Diskonto untuk beragam keperluan1.1.1 mendaftar Umum Tujuan
  
Digunakan untuk beraneka ragam keperluan PADA suatu Instruksi Mesin Yangmelakukan suatu Operasi terhadap data.1.1.2 Tujuan Khusus mendaftarDigunakan untuk menampung Operasi floating point, menampung limpahan Operasipenjumlahan atau perkalian.
1.2 Register Alamat: berisi alamat Data di Memori Kedudukan, alamat Instruksi di MemoriKedudukan, bagian alamat Yang digunakan Dalam, penghitungan alamat lengkap1.2.1 Daftar Gabungan (index register)Pengalamatan berindeks merupakan salat Satu modus pengalamatan populer.Pengalamatan melibatkan penambahan indeks Ke Diskonto EQUITY untuk memperolehalamat efektif1.2.2 Register penunjuk segmen (segmen pointer register)PADA pengalamatan bersegmen, memori dibagi menjadi segmen-segmen. SegmenSatu blok berisi Memori Yang panjangnya dapat bervariasi.Untuk mengacu Memoribersegmen digunakan pengacuan terhadap segmen Dan mengimbangi di segmen ITU. Registerpenunjuk segmen mencatat alamat EQUITY (KBLI Mutasi) bahasa Dari segmen. Modepengalamatan bersegmen Ulasan Sangat penting Illustrasi Manajemen Memori.
1.2.3 Register penunjuk stack (tumpukan pointer register)Instruksi Yang Tak memerlukan alamat karena alamat insn ditunjuk mendaftarpenunjuk stack. Operasi-Operasi terhadap tumpukan:- Instruksi push: menyimpan Data PADA tumpukan, Artikel Baru meletakkan Data di Puncaktumpukan- Instruksi pop: mengambil data yang bahasa Dari Puncak tumpukan.
1.2.4 Register penanda (flag register)Isi mendaftar merupakan REVENUES Operasi Bahasa Dari pemroses. Daftar berisi kondisi-kondisiYang dihasilkan pemroses berkaitan Artikel Baru Operasi Yang Baru Saja dilaksanakan.Daftar inisial terlihat oleh pemakai TAPI hanya dapat diperbaharui oleh pemrosessebagai dampak (Efek) Operasi Yang dijalankannya.
2. Daftar untuk KENDALI & statusDigunakan untuk mengendalikan Operasi pemroses, kebanyakan tidak terlihat oleh pemakai. Sebagian dapat diakses Artikel Baru Instruksi Mesin Yang dieksekusi Dalam, modus terangkan atau kernel SISTEM Operasi.
2.1 Register untuk alamat Dan penyangga, terdiri Bahasa Dari:2.1.1 MAR (Memory Daftar Alamat)Untuk mencatat alamat Memori Yang Akan diakses (baik Yang Akan ditulisi maupun dibaca)2.1.2 MBR (Memory Buffer Register)Untuk menampung Data Yang Akan ditulis Ke Memori Yang alamatnya ditunjuk MAR atau untuk menampung data yang bahasa Dari memori (Yang alamatnya ditunjuk oleh MAR) Yang Akan dibaca.

2.1.3 I / O AR (I / O Register Alamat)Untuk mencatat alamat port I / O Yang Akan diakses (baik Akan ditulisi / dibaca).2.1.4 I / O BR (I / O Buffer Register)Untuk menampung Data Yang Akan dituliskan Ke Port Yang alamatnya ditunjuk I / OAR atau untuk menampung data yang bahasa Dari port (Yang alamatnya ditunjuk oleh I / O AR)Yang Akan dibaca.
2.2 Register untuk eksekusi Instruksi2.2.1 PC (Program Counter): mencatat alamat Memori dimana Instruksi di dalamnya Akan dieksekusi2.2.2 IR (Instruction Register): menampung Instruksi Yang Akan dilaksanakan2.3 Daftar untuk INFORMASI StatusDaftar inisial berupa Satu mendaftar / kumpulan mendaftar. Kumpulan mendaftar inisial disebut PSW (Program Status Word). PSW berisi Kode-Kode kondisi pemroses ditambah INFORMASI-INFORMASI statusnya Lain, yaitu:♦ DaftarBendera inisial mencatat Tanda Yang dihasilkan Operasi Yang sebelumnya dijalankan♦ NolBendera inisial mencatat apakah Operasi sebelumnya menghasilkan Diskonto nol♦ CarryBendera inisial mencatat apakah dihasilkan carry (kondisi dimana Operasi penjumlahan /perkalian menghasilkan bawaan Yang tidak dapat ditampung mendaftar akumulator)
Sama ♦Bendera inisial mencatat apakah Operasi menghasilkan kondisi sama Artikel Baru♦ MDD mengaktifkan / menonaktifkanBendera inisial mencatat apakah interrupt Sedang dapat diaktifkan atau tidak♦ PengawasBendera inisial mencatat modus eksekusi Yang dilaksanakan, yaitu mode supervisor atau Bukan. PADA modus supervisor Maka seluruh Instruksi dapat dilaksanakan Sedang untuk modus Bukan mode supervisor (mode pengguna) Maka beberapa Instruksi Kritis tidak dapat diaktifkan.














B. MemoriMemori berfungsi untuk menyimpan pengiriman berkas dan program. Hirarki Memori berdasarkan kecepatan: akses:RegisterMemori kasus (Chace Memory)Memori Koperasi Karyawan Bhakti Samudera (Memori Utama)Disk Magnetik (Magnetic Disk)Disk Optik (Optical Disk)Tape Magnetik (Magnetic Tape
 
* Menurut Urutan Bahasa Dari Atas Ke Bawah dapat diukur hirarki Dalam, Hal:Beginning: semakin Ke Bawah, daftar harga semakin murah Cara, daftar harga dihitung Bahasa Dari rasio rupiahper bit data disimpanKapasitas: semakin Ke Bawah, kapasitas makin TerbatasKecepatan: akses: semakin Ke Bawah, semakin lambatFrekuensi pengaksesan: semakin Ke Bawah, semakin rendah frekuensi pengaksesanSetiap Kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca Instruksi bahasa Dari Memori Kedudukan. Agar eksekusi dilakukan secara CEPAT Maka harus diusahakan Instruksi tersedia di Memori PADA lapisan berkecepatan AKSes lebih Tinggi. Kecepatan eksekusi inisial Akan meningkatkan kinerja SISTEM.
Konsep inisial diimplementasikan ANTARA Lain berupa:Chace memoryMerupakan Memori berkapasitas Terbatas, berkecepatan Tinggi, Yang lebih mahal dibanding Memori Kedudukan. Chace memory adalah di ANTARA Memori Kedudukan Dan mendaftar pemroses Yang berfungsi agar pemroses tidak Langsung mengacu Memori Kedudukan tetapi di chace memory Yang kecepatan: akses lebih Tinggi. Menggunakan metoda inisial Akan meningkatkan kinerja SISTEM.BufferingBagian Memori Kedudukan untuk menampung Data Yang Akan ditransfer Dari / Ke perangkat masukan / keluaran Dan penyimpan sekunder. Buffer dapat * Mengurangi frekuensi pengaksesan Dari / Ke perangkat masukan / keluaran Dan penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja SISTEM.
C. perangakat Masukan Dan KeluaranC.1. Macam-Macam perangakat masukan Dan KeluaranPerangkat masukan / keluaran terdiri Bahasa Dari 2 bagian:1. Komponen mekanis: perangkat ITU Sendiri2. Komponen Elektronis: pengendali perangkat berupa chip controllerPengendali perangakat (Adapter Device) terdapat doa macam Alat pengendali yaitu:Perangkat adalah perangkat Nyata Yang dikendalikan chip controller di board sistem atau card.Kontroler dihubungkan Artikel Baru pemroses Dan komponen-komponen Lain bus Ini lewat. Kontroler berbeda-Beda, TAPI biasanya mempunyai register-register di untuk mengendalikannya.
C.2 Sruktur I / O1. I / O interupsi yaitu I / O kecapatan rendah2. Struktur DMA yaitu I / O kecapatan Tinggi,DMA dibagi menjadi: Third Party DMA Dan frist party DMA

D. Interkoneksi Antar Komponen
      
Disebut BUS Dan Interkoneksi inisial berkaitan Artikel Baru tatacara hubungan antarkomponen-komponen SISTEM Komputer.Bus terdiri Bahasa Dari Tiga macam, yaitu:1. Bus alamat (addres bus)
      
Untuk memberikan alamat Bahasa Dari Memori atau pelabuhan Yang hendak diakses. Bus alamat berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih.2. Bus data (data bus)
      
Untuk membaca Dan mengirim Data Dari / Ke Memori atau port. Bus data berisi 8,16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih.3. Bus KENDALI (control bus)
      
Sinyal bus KENDALI ANTARA Lain:• Memori Baca• Memory Tulis• I / O read• I / O Tulis
Mekanisme pembacaan:Untuk membaca suatu Data Alokasi Memori, CPUmengirim alamat Memori Yang dikehendaki melalui busalamat kemudian mengirim sinyal memory read PADA bus KENDALI. Memori sinyal baca memerintahkan keperangkat Memori untuk mengeluarkan data yang padalokasi nihil Ke bus data agar dibaca CPU.Interkoneksi antar komponen membentuk hormone hormon koneksitas Yang lumayan tenar ANTARA Lain:ISA, EISA, MCA, VESA, PCI Dan AGP.




Tingkatan Konsep Komputera. Tingkat Konsep ElektronikaBentuk Komputer terdiri Atas sejumlah Rangkaian komponen Elektronika ditambah Artikel Baru komponen mekanika, magnetika Dan optika.b. Tingkat Konsep Rangkaian SaklarSudah dapat terlihat Rangkaian Elektronika yangsesungguhnya, Yang membentuk banyak Saklar yangtersusun secara paralel Dan membentuk sekelompoksaklar. (Terhubung Dan terputus).c. Tingkat Konsep transfer RegisterBerbagai Kelompok sakelar di Dalam, komputer membentuk sejumlah register (Logika, aritmatika, akumulator, indeks, alamat mendaftar dll)d. Tingkat Konsep ArsitekturSejumlah mendaftar tersusun Dalam, suatu arsitektur tertentu. Prosesor, memori Dan satuan komponen Before terhubung melalui galur (bus) penghubung.e. Tingkat Konsep Diagram Blok Arsitektur Komputer atau SISTEM Komputer dapat dipetak-petakan Ke Dalam, sejumlah blok (masukan, blok satuan, prosesor pusat, Memori, dll.)Kerja KomputerKerja Komputer PADA tingkat konsep, ANTARA Lain:
 
Tingkat konsep diagram blok, berlangsung sebagailalu Lintas INFORMASI di Illustrasi Dan diantara blokpada SISTEM Komputer
 
Tingkat transfer register, Koperasi Karyawan Bhakti Samudera komputerberlangsung melalui pemindahan DISETOR informasidi ANTARA mendaftar.
 
Tingkat konsep Saklar, Koperasi Karyawan Bhakti Samudera Komputer berlangsungdalam bentuk terputus Dan terhubungnya berbagaisaklar eletronika di Dalam, SISTEM Komputer.
 
Kerja Komputer PADA fungsi Komputer, terdiri Atas: lingkungan kegiatan masukan, PT BUMI, pengolahan Dan keluaran
 
Kerja Komputer PADA rekaman
 
Sekelompok satuan data yang direkam Ke Dalam, Dalam, alatperekaman bentuk berkas data.
 
Tataolah direkam Ke Dalam, Alat perekam danmembentuk berkas tataolah
Eksekusi InstruksiTahap pemrosesan Instruksi:1. Pemroses membaca Instruksi bahasa Dari memori (fetch)2. Pemroses mengeksekusi Instruksi (mengeksekusi)Program eksekusi berisi pengulangan fetch Dan mengeksekusi. Pemrosesan 1 Instruksi disebut Satu siklusInstruksi. Siklus eksekusi Instruksi:
Modus eksekusi Instruksi1. Mode pemakai (user mode)Modus Artikel Baru kewenangan rendah, program pemakai (aplikasi untuk) Biasa dieksekusi Illustrasi inisial modus.2. Mode SISTEM (mode sistem)Modus Artikel Baru kewenangan Tinggi. Biasanya rutin SISTEM KENDALI atau atau kernel dieksekusi Artikel Baru modus inisial.

E. Perangkat Lunak (Software)Merupakan komponen non fisik berupa kumpulanprogram beserta Struktur datanya.Program adalah Sekumpulan Instruksi Yang disusun sedemikian rupa untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah tertentu Sesuai Artikel Baru kebutuhan.Siklus Instruksi, Untuk memproses Instruksi dilakukan melalui 2 tahap:mengambil Instruksi (instruksi fetch)Instruksi eksekusi (pelaksanaan instruksi)MenggangguPerangkap



E.1 Telkomnika Operasi


  
Tujuan mempelajari SISTEM Operasi:1. Agar dapat merancang Sendiri2. Dapat memodifikasi SISTEM Yang telah ADA sehingga Sesuai Artikel Baru kebutuhan3. Dapat memilih di berbagai alternatif ANTARA SISTEM Operasi4. Memaksimalkan penggunaan SISTEM Operasi5. Konsep Dan Teknik SISTEM Operasi dapat diterapkan PADA aplikasi untuk-aplikasi untuk Lain.
Pengertian SISTEM Operasi secara UMUM:Penggunakan Sistem Operasi sebagai manajer sumber daya yaitu pengelola seluruh Sumber Daya Yang terdapat PADA SISTEM Komputer Dan sebagai diperpanjang mesin yaitu menyediakan sekumpulan LAYANAN Ke pemakai sehingga memudahkan Dan menyamankan penggunaan Serta Pemanfaatan Sumber Daya Komputer SISTEM.

Prinsip EQUITY SISTEM Operasi:Penggunakan Sistem Operasi merupakan Program Komputer Yang berisi perintah-perintah (command) Dan bertugas menjembatani pengertian manusia Artikel Baru Komputer, sehingga dapat bekerja Komputer Sesuai keinginan.Definisi SISTEM Operasi:1. Penggunakan Sistem Operasi adalah software Yang mengontrol hardware.2. Program Yang menjadikan hardware lebih mudah untuk digunakan3. Kumpulan Program Yang mengatur Koperasi Karyawan Bhakti Samudera hardware Sesuai keinginan pengguna4. Manajer Sumber Daya atau pengalokasian Sumber Daya Komputer, seperti mengatur Memori, printer, dll5. Sebagai Program pengendali, yaitu Program Yang digunakan untuk mengontrol Program Yang Lain6. Sebagai kernel, yaitu Program Yang Terus-menerus berjalan selama komputer dihidupkan7. Sebagai wali Yang menjaga Komputer bahasa Dari berbagai kejahatan Komputer.
E.2 Perangkat Lunak Aplikasi Untuk (PLA)Perangkat lunak inisial membantu pengelolaan Sumber Daya fisik Dan konseptual PERUSAHAAN. PLA diperoleh Artikel Baru 2 Cara yaitu:1. Membuat Sendiri (pemrograman kustom)Sebagian PERUSAHAAN Yang menggunakan Komputer Besar Artikel Baru dibantu staf SPESIALIS INFORMASI, merancang SISTEM berbasis Komputer untuk memenuhi kebutuhan Unik PERUSAHAAN. Produk mereka adalah perangkat lunak Koleksi (software library) bahasa Dari Program pesanan (program kustom).2. Membeli jadi (paket preweritten).Beberapa Program aplikasi untuk jadi Yang terdapat dipasaran dapat dikelompokkan menjadi Kelompok Empat ::1. Paket Aplikasi Untuk Bisnis UMUM2. Paket Aplikasi Untuk KHUSUS industri3. Paket Aplikasi Untuk Peningkatan Produktivitas Organisasi4. Paket Produktivitas Perorangan


BAB IIIPENUTUPA. KesimpulanBahasa Dari Skema Dasar Telkomnika Komputer dapat kitd tarik kesimpulan bahwa, terdapat 4 komponen Yang terdapat di dalamnya yaitu:1. Pemroses2. Memori Utama3. Perangkat masukan Dan keluaran4. Interkoneksi antarkomponenDidalam Pemroses disebut CPU, berfungsi mengendalikan Operasi Komputer Dan melakukan pengolahan data.S edangkan fungsi bahasa Dari mendaftar adalah sebagai suatu Rangkaian Logika Yang Mampu menyimpan data yang Illustrasi bentuk bilangan binerMemory berfungsi sebagai menyimpan pengiriman berkas dan program. Hirarki Memori berdasarkan kecepatan: akses, Hal inisial Ulasan Sangat berguna karena setiap Data Yang kitd BlogThis membutuhkan kecepatan: akses Yang Tinggi, Maka Bila sebuah komputer neggunakan memori Yang Besar Dan Artikel Baru diimbangi kinerja prosesor Yang Tinggi, Maka Akan CEPAT pula kitd mengakses suatu perintah.
            
Untuk perangakat Interkoneksi terdapat beberapa buah Illustrasi sebuah Matherboard seperti: ISA, EISA, MCA, VESA, PCI Dan AGP. Slot - slot inisial merupakan pendukung Interkoneksi Motherboard Artikel Baru Sound Card, Modem, VGA Card, Lan Card, DLL. Illustrasi perkembanganya Banyak Slot Yang sudah banyak tergantikan Seperti:ISA PCI Artikel BaruPCI Artikel Baru PCI Express 1xAGP Artikel Baru PCI Express 16xDLL

1 comment:

  1. I am very interested in the article that you wrote ... really quite remarkable

    ReplyDelete

Please double post in this blog is up to you

SILAHKAN COPY PASTE SEPUAS MU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...