14 January 2013

Tanda dan Faktor Penyebab Keguguran



Faktor penyebab keguguran ada banyak sekali. Bisa karena genetis atau karena aktivitas kita yang over. Kandungan yang sehat adalah dambaan setiap keluarga. Kandungan yang sehat akan melahirkan anak yang sehat pula.

Berikut ada beberapa tanda tanda terjadi keguguran yang umum untuk diketahui:
Tanda-Tanda Keguguran

Perdarahan Sewaktu mengandung

Perdarahan adalah tanda yang paling umum. Perdarahan yang terjadi bisa hanya berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai perdarahan hebat. Kadang-kadang terdapat bagian jaringan yang robek yang ikut keluar bersamaan dengan darah. Misalnya, bagian dari jaringan dinding rahim yang terkoyak atau kantung ketuban yang robek.

Kram atau Kejang Perut Sewaktu mengandung

Tanda ini rasanya mirip seperti kram perut pada awal datang bulan. Biasana kram ini berlangsung berulang-ulang dalam periode waktu yang lama. Kram atau kejang juga dapat terjadi di daerah panggul


Nyeri Pada Bagian Bawah Perut Sewaktu mengandung
Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan.


Jika kita telah memahami tanda tanda keguguran, saatnya kita ketahui juga faktor penyebab keguguran usia dini.
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keguguran adalah:

    Adanya kelainan pada janin yang disebabkan kelainan kromosom, yang terjadi saat berlangsungnya proses pembuahan. Akibatnya, embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh.
  1. Adanya kelainan pada ibu, seperti kelainan pada sisterm hormonal (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah),sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit berat yang diderita si ibu hamil.
  2. Adanya kelainan pada rahim. Kelainan yang paling umum terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. kelainan lain yaitu rahim terlalu lemah sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir trimester pertama.
  3. Penyebab lain adalah infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll
*   Keguguran juga dapat diakibatkan oleh gaya hidup. Wanita yang cenderung merokok, mengkonsumsi minuman keras, obesitas atau berat badan kurang dapat memiliki gangguan hormon yang berakibat gangguan kehamilan. 


3 comments:

Please double post in this blog is up to you

SILAHKAN COPY PASTE SEPUAS MU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...