Search This Blog

Loading...

12 January 2014

Empat Dekade Silam+Ilmuwan Ini Sudah Prediksikan 2014

VIVAnews - Memprediksi masa depan memang sejak jauh-jauh hari bukanlah hal yang mudah. Tapi, prediksi beberapa ilmuwan soal masa depan, cukup tepat. Salah satunya Isaac Asimov.

Pada Agustus 1964 atau hampir empat dekade lalu, penulis dan profesor biokimia AS kelahiran Rusia ini telah memprediksi bagaimana perkembangan teknologi 2014. Prediksinya itu dimuat dalam artikel di koran New York Times dengan judul Visit to the World's Fair of 2014.

Menariknya, dilansir News.com.au, Jumat 3 Januari 2014, tulisan yang ia buat lima tahun sebelum pendaratan manusia pertama di Bulan itu, cukup relevan dengan kondisi teknologi saat ini.

Asimov meramal penerbangan antariksa sampai makanan pada 2014. Berikut prediksnya:

Penerbangan AntariksaPada pertengahan 1960-an, dunia tengah berkompetisi dalam penerbangan antariksa.

Saat itu, penulis Arthur C Clarke dengan karya fiksinya "A Space Odyssey" memprediksi manusia akan menjelajahi Jupiter pergantian abad.

Sementara itu, Asimov melontarkan prediksi yang lebih sederhana. Dalam esainya, ia menuliskan koloni bulan hanya akan dilakukan pesawat tak berawak yang pada gilirannya sampai ke Mars pada 2014.

KomunikasiPrediksi Asimov soal teknologi komunikasi jauh lebih akurat. Cukup visioner. Ia menuliskan telepon akan memperlihatkan suara. Pengguna akan mampu melihat dan mendengar orang yang ditelepon.

Sementara itu, layar telepon dapat berfungsi untuk melihat orang yang dipanggil, mempelajari dokumen, foto-foto, dan membaca bagian buku.

Ia menambahkan, sinkronisasi satelit akan melayang di antariksa dan memungkinkan manusia melakukan panggilan langsung ke tiap titik di Bumi. Sinkronisasi ini juga dapat mendukung komunikasi stasiun cuaca di antariksa.

Prediksi Asimov itu terlihat merujuk pada layanan video komunikasi berbasis internet seperti Skype, FaceTime.

Kehidupan Bawah TanahDalam artikelnya pada 1964, Asimov memprediksi pada 2014, rumah dan kota bawah tanah akan menjadi hal yang umum.

Saat itu, ia menyebutkan alasan logis mengembangkan bangunan di bawah tanah untuk menghindari perubahan cuaca atau dampak perubahan iklim.

Memang saat ini prediksi itu belum terwujud. Waktu yang akan membuktikan.

MakananSang profesor menuliskan gadget akan menjadi alat yang memudahkan manusia untuk mempersiapkan makan sehari-hari. Misalnya, menghasilkan pemanas air otomatis untuk memasak dan kemudian bisa mengubahnya menjadi kopi.

Ia juga memprediksi untuk mempersiapkan sarapan, manusia tinggal memerintahkan alat gadget malam sebelumnya. Maka keesokan harinya, semua makanan yang diinginkan telah dihidangkan.

Demikian untuk makan siang dan malam, semua tinggal diperintahkan, maka semuanya siap pada waktunya.

RobotPrediksi Asimov dalam bidang ini hampir sama dengan prediksi pada bidang penerbangan antariksa. Ia menuliskan, pada 2014, robot belum begitu umum dan belum waktunya. Tapi, ia mengakui pada tahun ini robot pembantu sudah muncul.

Prediksi ini tampaknya merujuk pada munculnya robot yang mengambil alih pekerjaan pembantu rumah tangga. Terlepas dari itu, memang kini sudah muncul robot untuk berkebun maupun robot pembersih. (art)

Sumber : vivanews
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Please double post in this blog is up to you

SILAHKAN COPY PASTE SEPUAS MU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...