Search This Blog

Loading...

09 July 2012

Boson Higgs


Boson Higgs adalah partikel dasar masif hipotetis yang diperkirakan ada sesuai Model Standar (MS) fisika partikel. Keberadaannya diyakini sebagai tanda-tanda penyelesaian atas sejumlah inkonsistensi pada Model Standar. Eksperimen untuk menemukan partikel ini sedang dilakukan dengan menggunakan Penumbuk Hadron Raksasa (LHC) di CERN, serta di Tevatron Fermilab sampai Tevatron ditutup pada akhir 2011. Pada 12 Desember 2011, kolaborasi ATLAS di LHC menemukan bahwa massa boson Higgs yang beragam mulai dari 145 sampai 206 GeV ditiadakan dengan tingkat keyakinan 95%.[1] Kolaborasi CMS di LHC akan diumumkan pada 13 Desember.[2]
Boson Higgs adalah satu-satunya partikel dasar prediksi Model Standar yang belum diamati dalam eksperimen fisika partikel.[3] Partikel ini adalah bagian integral dari mekanisme Higgs, bagian dari Model Standar yang menjelaskan bagaimana sebagian besar partikel dasar yang telah diketahui memperoleh massanya.[Note 2] Misalnya, mekanisme Higgs akan menjelaskan mengapa boson W dan Z, yang menjadi perantara interaksi lemah, memiliki massa sementara foton, yang menjadi perantara elektromagnetisme, tidak memiliki massa. Boson Higgs diperkirakan termasuk dalam kelas partikel boson skalar (boson adalah partikel dengan putaran integer, dan boson skalar memiliki putaran 0.)
Teori yang tidak membutuhkan boson Higgs juga muncul dan akan dipertimbangkan jika keberadaan boson Higgs ditiadakan. Teori-teori tersebut disebut sebagai model nir-Higgs. Sejumlah teori menyatakan bahwa mekanisme apapun yang mampu menciptakan massa partikel dasar harus tampak dengan energi kurang dari 1,4 TeV;[4] karena itu, LHC diharapkan mampu memberikan bukti eksperimental atas keberadaan atau ketidakberadaan boson Higgs.[5]

Daftar isi

  [sembunyikan

[sunting]Catatan

  1. ^ Ikatan atas massa boson Higgs ini adalah prediksi dalam Model Standar minimum yang menduga bahwa partikel ini masih merupakan teori konsisten terhadap skala Planck. Pada perpanjangan MS, ikatan ini bisa diperlonggar atau, dalam hal teori supersimetri, direndahkan. Ikatan bawah yang muncul akibat pengecualian eksperimen langsung oleh LEP dinyatakan sah untuk semua perpanjangan MS, namun bisa digunakan lagi dalam kasus tertentu. [1]
  2. ^ Massa partikel komposit seperti proton dan neuron hanya ada karena mekanisme Higgs, dan sudah diakui sebagai akibat dari interaksi kuat.

[sunting]Lihat pula

[sunting]Catatan kaki


  1. ^ "Higgs boson: Excitement builds over 'glimpses' at LHC ", BBC, 12 Desember 2011. Diakses pada 13 Desember 2011.
  2. ^ Griffiths, David (2008). "12.1 The Higgs Boson". Introduction to Elementary Particles(edisi ke-Second, Revised). Wiley-VCH. hlm. 403. ISBN 978-3-527-40601-2. "The Higgs particle is the only element in the Standard Model for which there is as yet no compelling experimental evidence."
  3. ^ Lee, Benjamin W.; Quigg, C.; Thacker, H. B. (1977). "Weak interactions at very high energies: The role of the Higgs-boson mass". Physical Review D 16 (5): 1519–1531.doi:10.1103/PhysRevD.16.1519Bibcode1977PhRvD..16.1519L.
  4. ^ "Huge $10 billion collider resumes hunt for 'God particle' - CNN.com ", CNN, 11 November 2009. Diakses pada 4 Mei 2010.

[sunting]Bacaan lanjutan

3 comments:

Please double post in this blog is up to you

SILAHKAN COPY PASTE SEPUAS MU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...